Selasa, 28 Agustus 2012

KUMPULAN VARIABEL, DIMENSI DAN INDIKATOR



Variabel
Dimensi
Indikator
(1)
(2)
(3)
Kepemimpinan Kepala Sekolah
Sumber: Wahyudi, 2009: 120)
Karakteristik Kepemimpinan
1.       Kematangan spitual, sosial dan fisik
2.       Menunjukkan keteladanan
3.       Dapat memecahkan masalah dengan kreatif
4.       Memiliki kejujuran
5.       Mempunyai ketrampilan berkomunikasi
Kepemimpinan Efektif
6.       Melmiliki motivasi yang kuat untuk memimpin
7.       Tanggung jawab
8.       Disiplin
9.       Mempunyai banyak relasi
10.   Cepat mengambil keputusan

Kepemimpinan
Sumber:  Tati dan Dedy Achmad (2008: 126)

1.Upaya menciptakan suasana
1.     Pemimpin membantu terciptanya kekeluargaan dan kerjasama
2.     Pemimpin memberi kebebasan dalam bekerja
2.Pemimpin dalam kelompok

3.     Pemimpin membantu kelompok untuk mengorganisir kepala sekolah dalam bekerja
4.   Pemimpin mendorong dan membantu kelompok dalam menetapkan dan menjelaskan tujuan
5.   Pemimpin membantu kelompok dalam menetapkan prosedur kerja
6.   Pemimpin membantu kelompok dalam menganalisis situasi dan menetapkan prosedur yang efektif
3.Tanggung jawab pemimpin

7.   Pemimpin bertanggung jawab dalam mengambil keputusan
8.   Pemimpin memberi kesempatan kepada kelompok untuk belajar dari pengalaman
9.   Pemimpin bertanggung jawab dalam mengembangkan dan mempertahankan eksistensi organisasi




Variabel
Dimensi
Indikator
Kepemimpinan
Sumber:  Harbani  (2010: 111 - 127)

1. Kecakapan dalam kelompok
1.       Memiliki kecakapan
2.       Menduduki suatu posisi di kelompok
3.       Mempengaruhi orang-orang dalam kelompok
4.       Mengkoordinasi kelompok
5.       Mengarahkan kelompok mencapai tujuan
2.Kepemimpinan karismatik
6.       Memiliki visi, misi, sasaran dan tujuan serta program yang jelas
7.       Selalu konsisten dan fokus terhadap suatu permasalahan
8.       Selalu mengkomunikasikan visi dan misi dengan efektif
9.       Mengetahui kelemahan, kekuatan dan manfaat




Variabel
Dimensi
Indikator
(1)
(2)
(3)
Kepemimpinan


Sumber: Amirullah dan Budiyono (2004: 244-262)
Efektifitas
Kepemimpinan

1.      Pengambilan Keputusan
2.      Fungsi Kepemimpinan
3.      Bersikap Ramah
4.      Mudah Ditemui
Perilaku kepemimpinan

1.         Supportif
2.         Direktif
3.      Partisipatif
4.      Orientasi Prestasi
Motivasi Kepemimpinan
1.      Kemampuan memotivasi bawahan
2.      Reward and Punishment

Kepemimpinan Kepala Sekolah
Sumber: Wahyudi, 2009: 120)
Karakteristik Kepemimpinan
1.       Kematangan spitual, sosial dan fisik
2.       Menunjukkan keteladanan
3.       Dapat memecahkan masalah dengan kreatif
4.       Memiliki kejujuran
5.       Mempunyai ketrampilan berkomunikasi
Kepemimpinan Efektif
6.       Melmiliki motivasi yang kuat untuk memimpin
7.       Tanggung jawab
8.       Disiplin
9.       Mempunyai banyak relasi
10.   Cepat mengambil keputusan

Kepemimpinan
Sumber: Sondang P. Siagian (1999: 39)
Kemampuan utama
1. Memiliki kondisi fisik yang sehat sesuai dengan tugasnya
2. Berpengetahuan luas
3. Mempunyai keyakinan bahwa organisasi akan berhasil mencapai tujuan
4. Memiliki stamina (daya kerja) dan entusiasme yang besar
5. Cepat mengambil keputusan
6. Obyektif dalam arti dapat menguasai emosi dan lebih banyak mempergunakan rasio
Kemampuan teknik
1. Adil dalam memperlakukan pegawai
2. Menguasai tekhnik-tekhnik berkomunikasi
3. Mampu bertindak sebagai penasehat, guru, dan kepala terhadap pegawainya
4. Mempunyai gambaran yang menyeluruh tentang semua aspek kegiatan organisasi





Variabel
Dimensi
Indikator
Kepemimpinan Visioner
Sumber:  Taty dan Dedi Achmad (2009: 143)
1.        pemahaman konsep isi
1.        Memikirkan masa depan sekolah
2.        menciptakan budaya dan perilaku  organisasi yang maju dan antisipatif
3.        berupaya mewujudkan sekolah yang berkualitas
2.        pemahaman karakterisitk dan unsur visi
4.        memperjelas arah dan tujuan sekolah, mudah dimengerti dan diartikulasikan
5.        mencerminkan cita-cita yang tinggi dan menetapkan standar yang baik
6.        menumbuhkan inspirasi, semangat, kegairahan dan komitmen
7.        menyiratkan nilai-nilai yang dijunjung tinggi oleh organisasi sekolah
3.        pemahaman tujuan visi
8.        memotivasi guru untuk bertindak dengan arah yang benar
9.        mengkoordinasi tindakan-tindakan tertentu dan kemampuan guru yang berbeda


Pengelolaan Administrasi
Kantor
Sumber: The Liang Gie
1.Bidang kerj a perkantoran
1.      Organisasi perkantoran
2.      Komunikasi perkantoran
3.      Pelaporan manajerial
4.      Manajemen kearsipan
5.      Pengawasan perkantoran
6.      Tata ruang kantor
7.      Perlengkapan perkantoran
2.Informasi kantor
8.      Kelengkapan
9.      Dapat dipercaya
10.  Kemutakhiran


Komunikasi
Sumber: Ulber (2002: 366-367)
1.       Manfaat komunikasi
1.                 Menyampaikan informasi dan pengetahuan
2.        Mengarahkan orang-orang untuk melakukan pekerjaan
3.        Membentuk sikap dan kepercayaan
4.        Membangun kekompakan dan kebersamaan
2.        Fungsi Komunikasi
5.        Fungsi control. Kontrol perilaku dan kegiata
6.        Fungsi motivasi . Meningkatkan motivasi untuk bekerja
7.        Fungsi ekspresi emosi. Dapat mengungkapkan perasaan
8.        Fungsi informasi. Dapat menyampaikan pesan atau informasi
9.        Fungsi komando dan instruksi. Pimpinan dapat memberi perintah dan instruksi
10.     Fungsi integratif. Mengintegrasikan dan mengkoordinasikan pekerjaan





Variabel
Dimensi
Indikator
Perencanaan
Sumber:  T. Hani Handoko (2003: 79-81) dan Ulber (2002: 161-162)

1.    Tahapan Perencanaan

1.     Menetapkan tujuan
2.     Merumuskan keadaan saat ini
3.     Mengidentifikasi kemudahan dan hambatan
4.     Membuat rangkaian kegiatan dalam mencapai tujuan
5.     Membantu manajemen untuk menyesuaikan diri dengan perubahan lingkungan
2.     Manfaat Perencanaan
1.    Meningkatkan focus dan fleksibilitas
2.    Meningkatkan koordinasi
3.    Meningkatkan kontrol
4.    Memperbaiki manajemen waktu


Perencanaan
Sumber:  T. Hani Handoko (2003: 79-81)

1.       Tahapan Perencanaan




2.       Manfaat Perencanaan
1.       Menetapkan tujuan
2.       Merumuskan keadaan saat ini
3.       Mengidentifikasi kemudahan dan hambatan
4.       Membuat rangkaian kegiatan dalam mencapai tujuan
5.       Membantu manajemen untuk menyesuaikan diri dengan perubahan lingkungan
6.       Membantu mengidentifikasi masalah utama
7.       Memungkinkan pimpinan memahami seluruh rangkaian kerja
8.       Membantu penempatan tanggung jawab lebih tepat
9.       Memberi cara  pemberian perintah
10.    Merinci tujuan lebih dipahami
11.    Meminimalisir pekerjaan yang tidak pasti
12.    Menghemat waktu, usaha dan dana


Perencanaan Pengajaran
Sumber:  T. Hani Handoko (2003: 79-81)

1.Perangkat perencanaan pengajaran
1.   memahami kurikulum.
2.   menguasai bahan ajar.
3.   menyusun program pengajar.
4.   melaksanakan program pengajar.
5.   menilai program pengajaran dan hasil proses belajar mengajar yang telah dilaksanakan.
2.Manfaat perencanaan pengajaran
6.   petunjuk arah kegiatan dalam mencapai tujuan
7.   pola dasar dalam mengatur tugas dan wewenang
8.   sebagai pedoman kerja
9.   sebagai alat ukur efektif atau tidaknya suatu pekerjaan
10.         untuk bahan penyusunan data agar terjadi keseimbangan kerja
11.         menghemat waktu, tenaga, alat-alat dan biaya



Variabel
Dimensi
Indikator
Pembagian Kerja
Sumber: Ibnu Syamsi (1994: 16)
1.       Tugas pokok dan Fungsi
1.       Penjabaran tujuan ke dalam tugas pokok bagi struktur organisasi sekolah.
2.       Uraian tugas pokok dan fungsi untuk guru
3.       Perincian‑perincian kegiatan sesuai kalender akademik
2.       Penempatan sesuai tugas
1.       Daftar tugas untuk setiap guru
2.       Variasi tugas bagi para guru
3.       Kesesuaian antara bidang tugas dengan latar belakang pendidikan
4.       Kesesuaian antara keahlian dan pengalaman kerja
3.       Penempatan guru sesuai disiplin ilmu
1.       Tingkat pemerataan beban tugas
2.       Tidak adanya pembebanan tugas lain
3.       Kesesuaian antara jumlah guru dengan volume kerja sekolah


Kinerja Pegawai
Sumber: Ulber (2002: 366-367)


1.Karakteristik kinerja
1.       Memiliki kesetiaan terhadap pekerjaan
2.       Berupaya meningkatkan prestasi kerjanya
3.       Bertanggung jawab terhadap pekerjaannya
4.       Memiliki ketaatan terhadap peraturan dan disiplin
2.Kinerja ideal
5.       Memiliki kejujuran
6.       Selalu bekerjasama dalam bekerja
7.       Memiliki prakarsa untuk bekerja lebih baik
8.       Memiliki sikap mendorong rekan untuk bekerja sama
9.       Memahami bahwa kinerjanya dapat menentukan karirnya
10.    Kinerja pegawai menentukan keberhasilan rumah sakiti


Budaya Organisasi
Sumber: Pabundu (2004: 2-7)
Karakteristik primer

1.     Inovasi
2.     Siap Menghadapi resiko
3.     Orientasi orang
4.     Orientasi hasil dan tim
5.     Keagresipan
6.     Menetapkan nilai-nilai
Langkah Memperkuat Budaya Organisasi
1.     Melakukan pembinaan terhadap anggota
2.     Memberikan contoh teladan
3.     Membuat acara rutinitas
4.     Memberikan penilaian dan penghargaan





Variabel
Dimensi
Indikator
Pengawasan
Sumber: Robert J. Mokler dalam  Amirullah dan Budiyono (2004: 298)
1.     Kegunaan pengawasan

1.    Menetapkan standar dan metode untuk pengukuran prestasi
2.    Mengukur prestasi
3.    Membandingkan prestasi, sesuai dengan standar  
4.    Mengambil tindakan perbaikan      
2.    Tujuan pengawasan
1.    Akurat   
2.    Secara Ekonomi Realistik  
3.    Tepat Waktu   
4.    Realistik secara organisasi


Koordinasi
Sumber: Murti Sumarni & John Suprihanto (1999: 166)





Sumber: T. Hani Handoko (2003: 96)
1.       Manfaat koordinasi








2.       Mekanisme Koordinasi
1.         Terjadi efisiensi di semua bidang
2.         Adanya suasana kerja yang tenteram karena terjadi keseimbangan tugas dan hak guru
3.         Terdapat kesatuan tujuan dari guru
4.         Menghindarkan adanya konflik dan perebutan sumber/fasilitas
5.         Menjamin adanya kesatuan sikap, tindakan, kebijakan dan pelaksaan pekerjaan
6.         Hirarki Pimpinan
7.         Aturan dan Prosedur
8.         Rencana dan Penetapan tujuan
9.         Tujuan lebih dipahami


Motivasi kerja
Sumber: Herzberg dalam Miftah (2003: 230 - 232)
Motivator
1.       Keberhasilan
2.       Penghargaan
3.       Faktor pekerjaan itu sendiri
4.       Rasa tanggung jawab
5.       Adanya peningkatan
Hieginis
6.       Kebijakan sekolah
7.       Supervisi
8.       Kondisi kerja
9.       Gaji
10.   Hubungan dengan sesama teman







Variabel
Dimensi
Indikator
Motivasi
Sumber: Robert J. Mokler dalam  Amirullah dan Budiyono (2004: 298)
1.Kebutuhan keberadaan
1.      Guru didorong oleh kepala sekolah menyelesaikan tugas
2.      Guru diarahkan untuk bekerja secara kreatif
3.      Kepala sekolah memperhatikan upaya pengembangan guru
2.Kebutuhan berhubungan
4.      Hubungan yang terjalin baik antara kepala sekolah dan guru
5.      Hubungan yang terjalin baik antara guru dan guru
6.      Perasaan memiliki dan diteria di sekolah dirasakan oleh guru
3.Kebutuhan berkembang
7.      Upaya pengembangan guru mendapat dorongan dari kepala sekolah
8.      Kondisi kerja yang kondusif di sekolah
9.      Perhatian terhadap kesejahteraan guru dan kepala sekolah


Perilaku Pegawai
(Y)
Sumber: Nadler (1979: 78) dalam Miftah Thoha (2003: 35)
Karakteristik Individu




1.    Kemampuan
2.    Kebutuhan
3.    Kepercayaan
4.    Pengalaman
5.    Pengharapan
Karakteristik Pegawai

1.     Hirarki
2.     Tugas-tugas
3.     Wewenang
4.     Sistem Reward
Sistem Kontrol


Pengorganisasian
Ernest Dale yang dikutip oleh Stoner dan dialih bahasakan oleh Bakowatun (2000: 98)

1.   Merinci seluruh pekerjaan 
1.       Rincian tugas-tugas guru.
2.       Pendistribusian tugas-tugas yang di berikan kepada guru.
3.       Tugas pokok yang harus dilakukan
2.   Membagi beban kerja
4.       Tidak adanya rangkap jabatan.
5.       Kecakapan khusus yang diperlukan melaksanakan tugas
3.   Mengkoordinasikan pekerjaan anggota organisasi
6.       Kesesuaian antara ke harapan dengan beban kerja
7.       Sesuai tidaknya pelaksanaan dengan program- program
8.        Membandingkan standar dan hasil kerja.
4.    Memantau efektivitas organisasi dan langkah penyesuaian
9.       Pekerjaan dilakukan secara efektif
10.    Tindakan kolektif.
11.    Evaluasi pekerjaan yang telah dilaksanakan



Variabel
Dimensi
Indikator
Pengorganisasian
Sumber: Ibnu Syamsi (1994: 16)
1.Tugas pokok dan Fungsi
1.     Penjabaran tujuan ke dalam tugas pokok bagi tiap urusan.
2.     Uraian fungsi untuk guru masing‑masing urusan
3.     Perincian‑perincian kegiatan tiap‑tiap urusan
2.Penempatan sesuai tugas
4.     Daftar tugas untuk setiap guru
5.     Variasi tugas bagi para guru
6.     Kesesuaian antara bidang tugas dengan latar belakang pendidikan
7.     Kesesuaian antara keahlian dan pengalaman kerja
3.Penempatan guru
8.     Tingkat pemerataan beban tugas
9.     Tidak adanya pembebanan tugas lain
10.  Kesesuaian antara jumlah guru dengan volume kerja
11.  Pergeseran guru demi tercapainya kondisi kerja yang lebih baik


Variabel
Dimensi
Indikator
Disiplin Kerja
Sumber: Hasibuan (2002: 213 – 216)
1.    Tujuan disiplin kerja
1.   Sesuai rencana dan jadwal
2.    Menyelesaikan tujuan pekerjaan
3.    Mengembangkan kemampuan
2.    Faktor pendukung disiplin kerja
1.   Teladan Kepemimpinan
2.    Balas Jasa
3.    Keadilan
3.    Faktor penentu disiplin kerja
1.    Pengawasan Melekat
2.    Sanksi Hukuman
3.    Ketegasan


Kompetensi Guru
Sumber: (Usman: 2005: 14)

1.        Kompetensi Pribadi
1.        Kemampuan yang berhubungan dengan pengalaman ajaran agama
2.        Kemampuan untuk menghormati dan menghargai antar umat beragama
3.        Kemampuan untuk berperilaku sesuai dengan norma, aturan, dan sistem nilai yang berlaku di masyarakat
4.        Mengembangkan sifat-sifat terpuji sebagai seorang guru
5.        Bersikap demokratis dan terbuka terhadap pembaruan dan kritik.
2.Kompetensi profesional
6.        Pemahaman dalam bidang psikologi pendidikan
7.        Kemampuan penguasaan materi pelajaran sesuai dengan bidang studi
8.        Kemampuan dalam mengaplikasikan berbagai metodologi dan strategi pembelajaran
9.        Kemampuan merancang dan memanfaatkan berbagai media dan sumber belajar
10.     Kemampuan dalam melaksanakan program dan evaluasi pembelajaran
11.     Kemampuan dalam melaksanakan unsur penunjang administrasi sekolah, bimbingan dan penyuluhan
3. Kompetensi sosial kemasyarakatan
12.     Kemampuan untuk berinteraksi dan berkomunikasi dengan teman sejawat untuk meningkatkan kemampuan professional
13.     Kemampuan untuk mengenal dan memahami fungsi setiap lembaga kemasyarakatan
14.     Kemampuan untuk menjalin kerja sama secara individual dan kelompok


Kinerja Pegawai

Sumber: Stephen P. Robins (1994 : 56);
Gery Dessler (1995 ; 57) dalam Pabundu (2004: 121-128)
1.Kualitas kerja
1. Menyelesaikan pekerjaan sesuai mekanisme
2. Bekerja keras
2.Kuantitas kerja
3. Bekerja secara tim
4. Saling mengisi dan mendukung
3.Lama jam kerja
5. Masuk dan pulang sesuai waktu
6. Absensi selalu baik
4.Kerja sama
7. Memberikan tanggungjawab penuh
8. Memberi penjelasan dengan baik
5.Supervisi
9. Tugas sesuai kemampuan
10.Sesuai dengan waktu dan jumlah pekerjaan


Kinerja

Sumber: Stephen P. Robins (1994 : 56);
Gery Dessler (1995 ; 57) dalam Pabundu (2004: 121-128)
Kualitas kerja
1.       Menyelesaikan pekerjaan  sesuai mekanisme
2.       Bekerja keras
Kuantitas kerja
3.       Bekerja secara tim
4.       Saling mengisi dan mendukung
Lama jam kerja
5.       Masuk dan pulang sesuai waktu
6.       Absensi selalu baik
Kerja sama
7.       Memberikan  tanggungjawab penuh
8.       Memberi penjelasan dengan baik
Supervisi
9.     Tugas sesuai  kemampuan
10.    Sesuai dengan waktu dan jumlah pekerjaan


Kinerja guru
Sumber: Alex (2010: 49 –64)
1.Tujuan kinerja 
1.  Disiplin yang tinggi
2.  Antusiasme kerja
3.  Hubungan yang harmonis dalam sekolah

4.  Loyalitas yang tinggi.

5.  Kreativitas dan inisiatif yang tinggi
2.Bentuk kinerja 
6.       Ketaatan dan kepatuhan terhadap peraturan yang berlaku.
7.       Pengertian dan kesadaran guru terhadap arah dan tujuan sekolah.
8.       Adanya kepercayaan terhadap diri sendiri yang melekat.
9.       Kemampuan pengendalian diri sendiri yang melekat






Prestasi kerja pegawai
Sumber: Zeith dalam (Aloysia, 1)
1.Faktor organisasional
1.    Imbal jasa
2.    Kualitas pengawasan
3.    Beban kerja
4.    Nilai dan minat pegawai
5.    Lingkungan kerja
6.    Promosi jabatan
2.Faktor personal
7.      Sifat kepribadian pegawai
8.      Senioritas
9.      Lamanya masa kerja
10.  Keterampilan pekerjaan
11.  Kepuasan kerja


Prestasi Kerja Guru
Sumber: Zainudin (2001: 130-131)
Prestasi Akademis
1.       Inovatif dalam mengajar
2.       Keteladanan guru
3.       Peran serta dalam kegiatan seminar dan pelatihan
4.       Efektivitas dalam mengajar
5.       Keterampilan dalam menyelesaikan administrasi kelas
6.       Inovatif dalam mengevaluasi hasil mengajar
Prestasi Non Akademis
7.       Aktivitas dalam kegiatan ekstrakurikuler
8.       Aktivitas dalam kegiatan sosial
9.       Aktivitas dalam kegiatan kemasyarakatan


Pelayanan publik
Sumber: (Harbani: 2010: 128)

1Transparansi
1.       Bersifat terbuka, mudah dan dapat diakses
2.       Mudah dimengerti
2.Akuntabilitas
3.       Dapat dipertanggungjawabkan sesuai dengan perundangan
3. Kondisional
4.       Pemberi dan penerima pelayanan berprinsip efisiensi dan efektivitas
5.       Tanggap terhadap masalah pelayanan yang dihadapi
4. Partisipatif
6.       Mendorong peran serta masyarakat
7.       Memperhatikan aspirasi, kebutuhan dan harapan masyarakat
5. Kesamaan hak
8.       Tidak melakukan diskriminasi
9.       Memberikan empati terhadap masalah yang dihadapi penerima pelayanan
6. Keseimbangan
10.    Mempertimbangkan aspek keadilan pemberi dan penerima pelayanan






Pelayanan
Sumber: Zeithaml et al. dalam Kotler (2002: 149)

1.       Keandalan

1.       Pelayanan yang akurat diberikan oleh guru dan staf
2.       Ketepatan waktu penyelesaian masalah oleh guru dan staf dapat dipercaya
2.Daya tanggap

3.       Guru dan staf memiliki kemauan untuk membantu guru
4.       Guru dan staf memberikan pelayanan kepada guru
3.Jaminan

5.       Guru dan staf  memiliki pengetahuan yang luas
6.       Guru dan staf bekerja dengan professional dan sopan
4.Empati

7.       Guru dan staf  memiliki kepedulian
8.       Guru dan staf  memberikan perhatian yang maksimal kepada guru
5.Berwujud
9.       Peralatan fisik sekolah  memadai
10.    Peralatan sekolah  mendukung kegiatan guru dan staf

Gaya Kepemimpinan
(Amirulah dan Budiyono: 2004: 93)
1.     Direktif

1.     Guru  harus mengetahui apa yang diinginkan kepala sekolah
2.     Guru memperoleh pengarahan dari kepala sekolah
3.     Guru harus melaksanakan pengarahan yang diberikan kepala sekolah
2.     Supportif

4.     Kepala sekolah  bersikap ramah
5.     Kepala sekolah  mudah ditemui
6.     Kepala sekolah  menunjukkan sikap perhatian terhadap sekolah
3.     Partisipatif

7.     Kepala sekolah  mengharapkan saran-saran dan pendapat dari guru
8.     Kepala sekolah  membuka dialog dengan kepala guru
4.     Orientasi Prestasi
5.       Kepala sekolah  memberikan kepercayaan kepada guru untuk mencapai tujuan dan hasil yang telah diprogramkan
6.       Kepala sekolah  mendorong terciptanya prestasi sekolah

Promosi Jabatan
Sumber:  Nainggolan (2003: 101)

1Jabatan dan Pekerjaan

1.Penilaian Pelaksanaan Pekerjaan
2.Daftar Urut Kepangkatan
3.Kemungkinan Pengembangan
2.Pengembangan diri
4.Keahlian
5.Pengalaman
6.Perhatian
7.Dapat dipercaya
8.Kesetiaan

Pengarahan
Sumber: Malayu (2008: 185)
1.        Tingkah laku

1.Sikap dan perasaan
2.Semangat dan produktivitas
2.       Human relation
3.Saling membutuhkan
4.Bekerjasama
3.       Komunikasi
5.Menyampaikan inf ormasi
6.Mengintegrasikan
4.       Kepemimpinan
7.Mengambil keputusan
8.Memotivasi





Prestasi Kerja Guru
Sumber: Zainudin (2001: 130-131)
Prestasi Akademis
10.   Inovatif dalam mengajar
11.   Keteladanan guru
12.   Peran serta dalam kegiatan seminar dan pelatihan
13.   Efektivitas dalam mengajar
14.   Keterampilan dalam menyelesaikan administrasi kelas
15.   Inovatif dalam mengevaluasi hasil mengajar
Prestasi Non Akademis
16.   Aktivitas dalam kegiatan ekstrakurikuler
17.   Aktivitas dalam kegiatan sosial
18.   Aktivitas dalam kegiatan kemasyarakatan



Motivasi Kerja
Sumber: McClelland (1989) dalam Siswanto (2006:127)
Pendorong Motivasi
1. Penghargaan (recogniting)
2. Tantangan (challenge)
3. Tanggung Jawab (reponsibility)
4. Pengembangan (development)
5. Ketertiban (Involvement)
Bentuk Motivasi
1.      Kesempatan
2.      Kompensasi dalam bentuk uang
3.      Pengarahan dan pengendalian
4.      Penetapan pola kerja yang efektif



Motivasi Kerja
Sumber: Alderfer dalam Miftah (2006:129)
1. Kebutuhan keberadaan
1.   Kondisi kerja
2.   Gaji
3.   Keamaman
2.Kebutuhan berhubungan
4.   Hubungan dengan rekan kerja
5.   Menjadi bagian pekerjaan
6.   Tanggung jawab
3.Kebutuhan pengembangan
7.      Pengakuan status
8.      Adanya promosi jabatan
9.      Kemajuan
10.  Pencapaian prestasi


Efektivitas Kerja Guru
Sumber: Siagian (1988 : 17)

1.Pelaksanaan Kegiatan
1. Sesuai rencana
2.Sesuai jadwal
3.Sesuai dengan anggaran yang tersedia
2.Tujuan / Hasil Akhir
4.Kualitas kelengkapan data
5.Kualitas penyajian
6. Kualitas data yang handal
7. Dijamin kerahasiaan
8. Dilakukan evaluasi




4 komentar:

  1. mas posting tentang indikator dan dimensi minat belajar dwong,,
    trimakasih. tolongin ya mas,,,,
    klo boleh email k saya
    nanaiyanto@rocketmail.com

    BalasHapus
  2. Sory ni bro. Ane mau tanya, itu dimensi dan indikator dari tati dan dedy achmad ente dapat dr mana? dr buku kah? atau dapat dr jurnal?
    Ane tertarik dengan dimensi dan indikator itu, untuk referensi di sripsi.
    tolong bantuannya.

    Terima kasih.

    BalasHapus
  3. slm kenal.mas tolong email dong dimensi dan indikator kepemimpinan, budaya organisasi, kepuasan kerja dan kinerja karyawan di perguruan tinggi swasta.
    email sy : daenk_yadi@ymail.com
    thanks before.

    BalasHapus
  4. keren,,,,, sangat membantu,,, terima kasih,,,,,

    BalasHapus