Variabel
|
Dimensi
|
Indikator
|
(1)
|
(2)
|
(3)
|
Kepemimpinan
Kepala Sekolah
Sumber:
Wahyudi, 2009: 120)
|
Karakteristik Kepemimpinan
|
1.
Kematangan spitual, sosial
dan fisik
2.
Menunjukkan keteladanan
3.
Dapat memecahkan masalah
dengan kreatif
4.
Memiliki kejujuran
5.
Mempunyai ketrampilan
berkomunikasi
|
Kepemimpinan Efektif
|
6. Melmiliki motivasi yang kuat
untuk memimpin
7. Tanggung jawab
8. Disiplin
9. Mempunyai banyak relasi
10. Cepat mengambil keputusan
|
Kepemimpinan
Sumber: Tati dan Dedy Achmad
(2008: 126)
|
1.Upaya menciptakan suasana
|
1. Pemimpin membantu terciptanya kekeluargaan dan
kerjasama
2.
Pemimpin memberi kebebasan
dalam bekerja
|
2.Pemimpin dalam kelompok
|
3. Pemimpin membantu kelompok untuk mengorganisir
kepala sekolah dalam bekerja
4.
Pemimpin mendorong dan membantu kelompok dalam menetapkan dan
menjelaskan tujuan
5.
Pemimpin membantu kelompok dalam menetapkan prosedur kerja
6.
Pemimpin membantu kelompok dalam menganalisis situasi dan menetapkan
prosedur yang efektif
|
|
3.Tanggung
jawab pemimpin
|
7.
Pemimpin bertanggung jawab dalam mengambil keputusan
8.
Pemimpin memberi kesempatan
kepada kelompok untuk belajar dari pengalaman
9.
Pemimpin bertanggung jawab
dalam mengembangkan dan mempertahankan eksistensi organisasi
|
Variabel
|
Dimensi
|
Indikator
|
Kepemimpinan
Sumber: Harbani
(2010: 111 - 127)
|
1. Kecakapan dalam kelompok
|
1. Memiliki kecakapan
2. Menduduki suatu posisi di
kelompok
3. Mempengaruhi orang-orang
dalam kelompok
4. Mengkoordinasi kelompok
5. Mengarahkan kelompok mencapai
tujuan
|
2.Kepemimpinan karismatik
|
6. Memiliki visi, misi, sasaran
dan tujuan serta program yang jelas
7. Selalu konsisten dan fokus
terhadap suatu permasalahan
8. Selalu mengkomunikasikan visi
dan misi dengan efektif
9. Mengetahui kelemahan,
kekuatan dan manfaat
|
Variabel
|
Dimensi
|
Indikator
|
(1)
|
(2)
|
(3)
|
Kepemimpinan
Sumber: Amirullah dan Budiyono (2004: 244-262)
|
Efektifitas
Kepemimpinan
|
1.
Pengambilan Keputusan
2.
Fungsi Kepemimpinan
3.
Bersikap Ramah
4.
Mudah Ditemui
|
Perilaku kepemimpinan
|
1.
Supportif
2.
Direktif
3. Partisipatif
4. Orientasi Prestasi
|
|
Motivasi Kepemimpinan
|
1. Kemampuan memotivasi bawahan
2. Reward and Punishment
|
Kepemimpinan
Kepala Sekolah
Sumber:
Wahyudi, 2009: 120)
|
Karakteristik Kepemimpinan
|
1. Kematangan spitual, sosial dan fisik
2.
Menunjukkan keteladanan
3.
Dapat memecahkan masalah
dengan kreatif
4.
Memiliki kejujuran
5.
Mempunyai ketrampilan
berkomunikasi
|
Kepemimpinan Efektif
|
6. Melmiliki motivasi yang kuat
untuk memimpin
7. Tanggung jawab
8. Disiplin
9. Mempunyai banyak relasi
10. Cepat mengambil keputusan
|
Kepemimpinan
Sumber:
Sondang P. Siagian (1999: 39)
|
Kemampuan utama
|
1. Memiliki kondisi
fisik yang sehat sesuai dengan tugasnya
2. Berpengetahuan luas
3. Mempunyai keyakinan
bahwa organisasi akan berhasil mencapai tujuan
4. Memiliki stamina
(daya kerja) dan entusiasme yang besar
5. Cepat mengambil keputusan
6.
Obyektif dalam arti dapat menguasai emosi dan lebih banyak mempergunakan
rasio
|
Kemampuan teknik
|
1. Adil dalam memperlakukan pegawai
2. Menguasai
tekhnik-tekhnik berkomunikasi
3. Mampu bertindak
sebagai penasehat, guru, dan kepala terhadap pegawainya
4. Mempunyai gambaran
yang menyeluruh tentang semua aspek kegiatan organisasi
|
Variabel
|
Dimensi
|
Indikator
|
Kepemimpinan Visioner
Sumber: Taty dan Dedi Achmad (2009: 143)
|
1.
pemahaman
konsep isi
|
1.
Memikirkan masa depan sekolah
2.
menciptakan budaya dan perilaku organisasi yang maju dan antisipatif
3.
berupaya mewujudkan sekolah yang berkualitas
|
2.
pemahaman
karakterisitk dan unsur visi
|
4.
memperjelas
arah dan tujuan sekolah, mudah dimengerti dan diartikulasikan
5.
mencerminkan
cita-cita yang tinggi dan menetapkan standar yang baik
6.
menumbuhkan inspirasi, semangat, kegairahan dan
komitmen
7.
menyiratkan nilai-nilai yang dijunjung tinggi oleh
organisasi sekolah
|
|
3.
pemahaman
tujuan visi
|
8.
memotivasi guru untuk bertindak dengan arah yang benar
9.
mengkoordinasi tindakan-tindakan tertentu dan kemampuan
guru yang berbeda
|
Pengelolaan
Administrasi
Kantor
Sumber:
The Liang Gie
|
1.Bidang
kerj a perkantoran
|
1.
Organisasi perkantoran
2.
Komunikasi perkantoran
3.
Pelaporan manajerial
4.
Manajemen kearsipan
5.
Pengawasan perkantoran
6.
Tata ruang kantor
7.
Perlengkapan perkantoran
|
2.Informasi
kantor
|
8.
Kelengkapan
9.
Dapat dipercaya
10.
Kemutakhiran
|
Komunikasi
Sumber: Ulber (2002: 366-367)
|
1.
Manfaat
komunikasi
|
1.
Menyampaikan informasi dan
pengetahuan
2.
Mengarahkan orang-orang untuk melakukan pekerjaan
3.
Membentuk sikap dan kepercayaan
4.
Membangun kekompakan dan kebersamaan
|
2.
Fungsi Komunikasi
|
5.
Fungsi control. Kontrol perilaku dan kegiata
6.
Fungsi motivasi
. Meningkatkan motivasi untuk bekerja
7.
Fungsi ekspresi
emosi. Dapat mengungkapkan perasaan
8.
Fungsi
informasi. Dapat menyampaikan pesan atau informasi
9.
Fungsi komando
dan instruksi. Pimpinan dapat memberi perintah dan instruksi
10.
Fungsi
integratif. Mengintegrasikan dan mengkoordinasikan pekerjaan
|
Variabel
|
Dimensi
|
Indikator
|
Perencanaan
Sumber:
T. Hani Handoko (2003: 79-81) dan
Ulber (2002: 161-162)
|
1.
Tahapan Perencanaan
|
1.
Menetapkan tujuan
2.
Merumuskan keadaan saat ini
3.
Mengidentifikasi kemudahan dan hambatan
4. Membuat rangkaian kegiatan dalam mencapai tujuan
5. Membantu manajemen untuk menyesuaikan diri dengan perubahan lingkungan
|
2.
Manfaat Perencanaan
|
1. Meningkatkan focus dan fleksibilitas
2. Meningkatkan koordinasi
3.
Meningkatkan kontrol
4. Memperbaiki manajemen waktu
|
Perencanaan
Sumber: T.
Hani Handoko (2003: 79-81)
|
1.
Tahapan
Perencanaan
2.
Manfaat
Perencanaan
|
1.
Menetapkan
tujuan
2.
Merumuskan
keadaan saat ini
3.
Mengidentifikasi
kemudahan dan hambatan
4.
Membuat
rangkaian kegiatan dalam mencapai tujuan
5.
Membantu
manajemen untuk menyesuaikan diri dengan perubahan lingkungan
6.
Membantu
mengidentifikasi masalah utama
7.
Memungkinkan
pimpinan memahami seluruh rangkaian kerja
8.
Membantu
penempatan tanggung jawab lebih tepat
9.
Memberi
cara pemberian perintah
10.
Merinci
tujuan lebih dipahami
11.
Meminimalisir
pekerjaan yang tidak pasti
12.
Menghemat
waktu, usaha dan dana
|
Perencanaan Pengajaran
Sumber: T. Hani Handoko (2003: 79-81)
|
1.Perangkat perencanaan pengajaran
|
1.
memahami kurikulum.
2.
menguasai bahan ajar.
3.
menyusun program pengajar.
4.
melaksanakan program pengajar.
5.
menilai program pengajaran dan hasil proses belajar
mengajar yang telah dilaksanakan.
|
2.Manfaat perencanaan pengajaran
|
6. petunjuk arah kegiatan dalam mencapai tujuan
7.
pola dasar dalam mengatur tugas dan wewenang
8.
sebagai pedoman kerja
9.
sebagai alat ukur efektif atau tidaknya suatu pekerjaan
10.
untuk bahan penyusunan data agar terjadi keseimbangan
kerja
11.
menghemat waktu, tenaga, alat-alat dan biaya
|
Variabel
|
Dimensi
|
Indikator
|
Pembagian Kerja
Sumber: Ibnu Syamsi
(1994: 16)
|
1.
Tugas
pokok dan Fungsi
|
1.
Penjabaran tujuan ke dalam tugas
pokok bagi struktur organisasi sekolah.
2.
Uraian tugas pokok dan fungsi
untuk guru
3.
Perincian‑perincian kegiatan sesuai
kalender akademik
|
2.
Penempatan
sesuai tugas
|
1.
Daftar tugas untuk setiap guru
2.
Variasi tugas bagi para guru
3.
Kesesuaian antara bidang tugas
dengan latar belakang pendidikan
4.
Kesesuaian antara keahlian dan pengalaman kerja
|
|
3.
Penempatan
guru sesuai disiplin ilmu
|
1.
Tingkat pemerataan beban tugas
2.
Tidak adanya pembebanan tugas
lain
3.
Kesesuaian antara jumlah guru
dengan volume kerja sekolah
|
Kinerja Pegawai
Sumber: Ulber (2002: 366-367)
|
1.Karakteristik
kinerja
|
1.
Memiliki
kesetiaan terhadap pekerjaan
2.
Berupaya
meningkatkan prestasi kerjanya
3.
Bertanggung
jawab terhadap pekerjaannya
4.
Memiliki
ketaatan terhadap peraturan dan disiplin
|
2.Kinerja ideal
|
5.
Memiliki kejujuran
6.
Selalu bekerjasama dalam bekerja
7.
Memiliki prakarsa untuk bekerja lebih baik
8.
Memiliki sikap mendorong rekan untuk bekerja sama
9.
Memahami bahwa kinerjanya dapat menentukan karirnya
10. Kinerja pegawai menentukan keberhasilan rumah sakiti
|
Budaya Organisasi
Sumber: Pabundu
(2004: 2-7)
|
Karakteristik primer
|
1.
Inovasi
2.
Siap Menghadapi resiko
3.
Orientasi
orang
4.
Orientasi
hasil dan tim
5.
Keagresipan
6.
Menetapkan
nilai-nilai
|
Langkah Memperkuat Budaya Organisasi
|
1.
Melakukan
pembinaan terhadap anggota
2.
Memberikan
contoh teladan
3.
Membuat
acara rutinitas
4.
Memberikan
penilaian dan penghargaan
|
Variabel
|
Dimensi
|
Indikator
|
Pengawasan
Sumber: Robert J. Mokler dalam Amirullah dan Budiyono (2004: 298)
|
1.
Kegunaan pengawasan
|
1.
Menetapkan standar dan metode untuk pengukuran prestasi
2.
Mengukur prestasi
3.
Membandingkan prestasi, sesuai dengan standar
4.
Mengambil tindakan perbaikan
|
2.
Tujuan pengawasan
|
1.
Akurat
2. Secara Ekonomi Realistik
3.
Tepat Waktu
4.
Realistik secara organisasi
|
Koordinasi
Sumber: Murti Sumarni & John Suprihanto
(1999: 166)
Sumber: T. Hani Handoko (2003: 96)
|
1.
Manfaat
koordinasi
2.
Mekanisme
Koordinasi
|
1.
Terjadi
efisiensi di semua bidang
2.
Adanya
suasana kerja yang tenteram karena terjadi keseimbangan tugas dan hak guru
3.
Terdapat
kesatuan tujuan dari guru
4.
Menghindarkan
adanya konflik dan perebutan sumber/fasilitas
5.
Menjamin adanya kesatuan sikap, tindakan,
kebijakan dan pelaksaan pekerjaan
6.
Hirarki
Pimpinan
7.
Aturan
dan Prosedur
8.
Rencana
dan Penetapan tujuan
9.
Tujuan
lebih dipahami
|
Motivasi
kerja
Sumber:
Herzberg dalam Miftah (2003: 230 - 232)
|
Motivator
|
1. Keberhasilan
2. Penghargaan
3. Faktor pekerjaan itu sendiri
4. Rasa tanggung jawab
5. Adanya peningkatan
|
Hieginis
|
6. Kebijakan sekolah
7. Supervisi
8. Kondisi kerja
9. Gaji
10. Hubungan dengan sesama teman
|
Variabel
|
Dimensi
|
Indikator
|
Motivasi
Sumber: Robert J. Mokler dalam Amirullah dan
Budiyono (2004: 298)
|
1.Kebutuhan keberadaan
|
1. Guru didorong oleh kepala sekolah menyelesaikan tugas
2. Guru diarahkan untuk bekerja secara kreatif
3.
Kepala sekolah memperhatikan
upaya pengembangan guru
|
2.Kebutuhan berhubungan
|
4. Hubungan yang terjalin baik antara kepala sekolah dan guru
5. Hubungan yang terjalin baik antara guru dan guru
6. Perasaan memiliki dan diteria di sekolah dirasakan oleh guru
|
|
3.Kebutuhan berkembang
|
7. Upaya pengembangan guru mendapat dorongan dari kepala sekolah
8. Kondisi kerja yang kondusif di sekolah
9. Perhatian terhadap kesejahteraan guru dan kepala sekolah
|
Perilaku Pegawai
(Y)
Sumber: Nadler (1979: 78) dalam
Miftah Thoha (2003: 35)
|
Karakteristik Individu
|
1. Kemampuan
2. Kebutuhan
3. Kepercayaan
4. Pengalaman
5. Pengharapan
|
Karakteristik Pegawai
|
1. Hirarki
2. Tugas-tugas
3. Wewenang
4. Sistem Reward
Sistem Kontrol
|
Pengorganisasian
Ernest Dale yang dikutip oleh
Stoner dan dialih bahasakan oleh Bakowatun (2000: 98)
|
1.
Merinci seluruh pekerjaan
|
1.
Rincian tugas-tugas guru.
2.
Pendistribusian tugas-tugas
yang di berikan kepada guru.
3.
Tugas pokok yang harus dilakukan
|
2.
Membagi beban kerja
|
4.
Tidak adanya rangkap jabatan.
5.
Kecakapan khusus yang diperlukan melaksanakan
tugas
|
|
3.
Mengkoordinasikan pekerjaan anggota organisasi
|
6.
Kesesuaian antara ke harapan dengan beban kerja
7.
Sesuai tidaknya pelaksanaan dengan program-
program
8.
Membandingkan standar dan hasil kerja.
|
|
4. Memantau
efektivitas organisasi dan langkah penyesuaian
|
9.
Pekerjaan dilakukan secara efektif
10. Tindakan
kolektif.
11.
Evaluasi pekerjaan yang telah dilaksanakan
|
Variabel
|
Dimensi
|
Indikator
|
Pengorganisasian
Sumber:
Ibnu Syamsi (1994: 16)
|
1.Tugas pokok dan Fungsi
|
1. Penjabaran tujuan
ke dalam tugas pokok bagi tiap urusan.
2.
Uraian fungsi untuk guru masing‑masing
urusan
3.
Perincian‑perincian
kegiatan tiap‑tiap urusan
|
2.Penempatan sesuai tugas
|
4.
Daftar
tugas untuk setiap guru
5.
Variasi
tugas bagi para guru
6.
Kesesuaian antara bidang tugas dengan
latar belakang pendidikan
7.
Kesesuaian antara keahlian dan pengalaman kerja
|
|
3.Penempatan guru
|
8.
Tingkat
pemerataan beban tugas
9.
Tidak
adanya pembebanan tugas lain
10. Kesesuaian antara jumlah guru dengan
volume kerja
11. Pergeseran guru demi tercapainya kondisi
kerja yang lebih baik
|
Variabel
|
Dimensi
|
Indikator
|
Disiplin Kerja
Sumber: Hasibuan (2002: 213 – 216)
|
1.
Tujuan disiplin kerja
|
1.
Sesuai rencana dan jadwal
2.
Menyelesaikan tujuan pekerjaan
3.
Mengembangkan kemampuan
|
2. Faktor
pendukung disiplin kerja
|
1.
Teladan Kepemimpinan
2.
Balas Jasa
3.
Keadilan
|
|
3.
Faktor penentu disiplin kerja
|
1.
Pengawasan Melekat
2.
Sanksi Hukuman
3.
Ketegasan
|
Kompetensi Guru
Sumber: (Usman: 2005: 14)
|
1.
Kompetensi Pribadi
|
1.
Kemampuan
yang berhubungan dengan pengalaman ajaran agama
2.
Kemampuan
untuk menghormati dan menghargai antar umat beragama
3.
Kemampuan
untuk berperilaku sesuai dengan norma, aturan, dan sistem nilai yang berlaku
di masyarakat
4.
Mengembangkan
sifat-sifat terpuji sebagai seorang guru
5.
Bersikap
demokratis dan terbuka terhadap pembaruan dan kritik.
|
2.Kompetensi
profesional
|
6.
Pemahaman dalam bidang
psikologi pendidikan
7.
Kemampuan penguasaan materi
pelajaran sesuai dengan bidang studi
8.
Kemampuan dalam mengaplikasikan
berbagai metodologi dan strategi pembelajaran
9.
Kemampuan merancang dan memanfaatkan
berbagai media dan sumber belajar
10.
Kemampuan dalam melaksanakan program
dan evaluasi pembelajaran
11.
Kemampuan dalam melaksanakan
unsur penunjang administrasi sekolah, bimbingan dan penyuluhan
|
|
3. Kompetensi sosial
kemasyarakatan
|
12. Kemampuan untuk
berinteraksi dan berkomunikasi dengan teman sejawat untuk meningkatkan
kemampuan professional
13. Kemampuan
untuk mengenal dan memahami fungsi setiap lembaga kemasyarakatan
14.
Kemampuan untuk menjalin kerja sama secara
individual dan kelompok
|
Kinerja Pegawai
Sumber:
Stephen P. Robins (1994 : 56);
Gery Dessler (1995 ; 57) dalam Pabundu (2004:
121-128)
|
1.Kualitas kerja
|
1. Menyelesaikan pekerjaan sesuai mekanisme
2. Bekerja keras
|
2.Kuantitas kerja
|
3. Bekerja secara tim
4.
Saling mengisi dan mendukung
|
|
3.Lama jam kerja
|
5. Masuk dan pulang sesuai waktu
6.
Absensi selalu baik
|
|
4.Kerja sama
|
7. Memberikan tanggungjawab penuh
8.
Memberi penjelasan dengan
baik
|
|
5.Supervisi
|
9. Tugas sesuai kemampuan
10.Sesuai dengan waktu dan
jumlah pekerjaan
|
Kinerja
Sumber: Stephen
P. Robins (1994 : 56);
Gery Dessler
(1995 ; 57) dalam Pabundu (2004: 121-128)
|
Kualitas kerja
|
1. Menyelesaikan pekerjaan sesuai mekanisme
2. Bekerja keras
|
Kuantitas kerja
|
3. Bekerja secara tim
4. Saling mengisi dan mendukung
|
|
Lama jam kerja
|
5. Masuk dan pulang sesuai waktu
6. Absensi selalu baik
|
|
Kerja sama
|
7. Memberikan tanggungjawab penuh
8. Memberi penjelasan dengan
baik
|
|
Supervisi
|
9.
Tugas sesuai
kemampuan
10. Sesuai dengan waktu dan
jumlah pekerjaan
|
Kinerja guru
Sumber: Alex (2010: 49 –64)
|
1.Tujuan kinerja
|
1. Disiplin yang tinggi
2. Antusiasme kerja
3. Hubungan yang harmonis dalam sekolah
4. Loyalitas yang tinggi.
5. Kreativitas dan inisiatif yang tinggi
|
2.Bentuk kinerja
|
6. Ketaatan dan kepatuhan terhadap peraturan yang
berlaku.
7. Pengertian dan kesadaran guru terhadap arah dan
tujuan sekolah.
8. Adanya kepercayaan terhadap diri sendiri yang
melekat.
9. Kemampuan pengendalian diri sendiri yang melekat
|
Prestasi kerja pegawai
Sumber: Zeith dalam (Aloysia, 1)
|
1.Faktor organisasional
|
1.
Imbal
jasa
2.
Kualitas
pengawasan
3.
Beban
kerja
4.
Nilai
dan minat pegawai
5.
Lingkungan
kerja
6.
Promosi
jabatan
|
2.Faktor personal
|
7.
Sifat
kepribadian pegawai
8.
Senioritas
9.
Lamanya
masa kerja
10. Keterampilan pekerjaan
11. Kepuasan kerja
|
Prestasi
Kerja Guru
Sumber:
Zainudin (2001: 130-131)
|
Prestasi
Akademis
|
1.
Inovatif dalam mengajar
2.
Keteladanan guru
3.
Peran serta dalam kegiatan seminar dan pelatihan
4.
Efektivitas dalam mengajar
5.
Keterampilan dalam menyelesaikan administrasi kelas
6. Inovatif dalam mengevaluasi hasil mengajar
|
Prestasi
Non Akademis
|
7.
Aktivitas dalam kegiatan ekstrakurikuler
8. Aktivitas dalam kegiatan sosial
9. Aktivitas dalam kegiatan kemasyarakatan
|
Pelayanan publik
Sumber: (Harbani: 2010: 128)
|
1Transparansi
|
1. Bersifat
terbuka, mudah dan dapat diakses
2. Mudah
dimengerti
|
2.Akuntabilitas
|
3.
Dapat dipertanggungjawabkan sesuai
dengan perundangan
|
|
3. Kondisional
|
4.
Pemberi dan penerima pelayanan berprinsip efisiensi dan efektivitas
5.
Tanggap terhadap masalah pelayanan yang dihadapi
|
|
4. Partisipatif
|
6.
Mendorong peran serta masyarakat
7.
Memperhatikan aspirasi, kebutuhan dan harapan masyarakat
|
|
5. Kesamaan hak
|
8.
Tidak melakukan diskriminasi
9.
Memberikan empati terhadap masalah yang dihadapi penerima pelayanan
|
|
6. Keseimbangan
|
10. Mempertimbangkan aspek keadilan pemberi dan penerima
pelayanan
|
Pelayanan
Sumber: Zeithaml et al. dalam Kotler (2002: 149)
|
1.
Keandalan
|
1. Pelayanan yang akurat
diberikan oleh guru dan staf
2. Ketepatan waktu
penyelesaian masalah oleh guru dan staf dapat dipercaya
|
2.Daya tanggap
|
3.
Guru
dan staf memiliki kemauan untuk
membantu guru
4. Guru dan staf memberikan pelayanan kepada
guru
|
|
3.Jaminan
|
5.
Guru
dan staf memiliki pengetahuan yang
luas
6. Guru dan staf bekerja dengan professional dan
sopan
|
|
4.Empati
|
7.
Guru
dan staf memiliki kepedulian
8. Guru dan staf memberikan perhatian yang maksimal kepada guru
|
|
5.Berwujud
|
9.
Peralatan fisik sekolah memadai
10.
Peralatan
sekolah mendukung kegiatan guru dan staf
|
Gaya Kepemimpinan
(Amirulah
dan Budiyono: 2004: 93)
|
1.
Direktif
|
1. Guru harus
mengetahui apa yang diinginkan kepala sekolah
2. Guru memperoleh
pengarahan dari kepala sekolah
3. Guru harus melaksanakan
pengarahan yang diberikan kepala sekolah
|
2.
Supportif
|
4.
Kepala sekolah bersikap ramah
5.
Kepala sekolah mudah ditemui
6. Kepala sekolah menunjukkan sikap
perhatian terhadap sekolah
|
|
3.
Partisipatif
|
7.
Kepala sekolah mengharapkan saran-saran dan pendapat dari
guru
8. Kepala sekolah membuka dialog dengan kepala guru
|
|
4.
Orientasi Prestasi
|
5.
Kepala sekolah
memberikan kepercayaan kepada guru untuk mencapai tujuan dan hasil
yang telah diprogramkan
6.
Kepala sekolah
mendorong terciptanya prestasi sekolah
|
Promosi Jabatan
Sumber:
Nainggolan (2003: 101)
|
1Jabatan
dan Pekerjaan
|
1.Penilaian Pelaksanaan Pekerjaan
2.Daftar Urut Kepangkatan
3.Kemungkinan Pengembangan
|
2.Pengembangan
diri
|
4.Keahlian
5.Pengalaman
6.Perhatian
7.Dapat dipercaya
8.Kesetiaan
|
Pengarahan
Sumber:
Malayu (2008: 185)
|
1.
Tingkah laku
|
1.Sikap
dan perasaan
2.Semangat dan produktivitas
|
2.
Human relation
|
3.Saling
membutuhkan
4.Bekerjasama
|
|
3.
Komunikasi
|
5.Menyampaikan
inf ormasi
6.Mengintegrasikan
|
|
4.
Kepemimpinan
|
7.Mengambil
keputusan
8.Memotivasi
|
Prestasi
Kerja Guru
Sumber:
Zainudin (2001: 130-131)
|
Prestasi
Akademis
|
10.
Inovatif dalam mengajar
11.
Keteladanan guru
12.
Peran serta dalam kegiatan seminar dan pelatihan
13.
Efektivitas dalam mengajar
14.
Keterampilan dalam menyelesaikan administrasi kelas
15. Inovatif dalam mengevaluasi hasil mengajar
|
Prestasi
Non Akademis
|
16.
Aktivitas dalam kegiatan ekstrakurikuler
17. Aktivitas dalam kegiatan sosial
18. Aktivitas dalam kegiatan kemasyarakatan
|
Motivasi Kerja
Sumber: McClelland
(1989) dalam Siswanto (2006:127)
|
Pendorong
Motivasi
|
1. Penghargaan (recogniting)
2. Tantangan (challenge)
3. Tanggung Jawab (reponsibility)
4. Pengembangan (development)
5. Ketertiban (Involvement)
|
Bentuk
Motivasi
|
1. Kesempatan
2. Kompensasi dalam bentuk uang
3. Pengarahan dan pengendalian
4. Penetapan pola kerja yang efektif
|
Motivasi
Kerja
Sumber:
Alderfer dalam Miftah (2006:129)
|
1. Kebutuhan keberadaan
|
1. Kondisi kerja
2. Gaji
3. Keamaman
|
2.Kebutuhan berhubungan
|
4. Hubungan dengan rekan kerja
5. Menjadi bagian pekerjaan
6. Tanggung jawab
|
|
3.Kebutuhan pengembangan
|
7.
Pengakuan
status
8.
Adanya
promosi jabatan
9.
Kemajuan
10. Pencapaian prestasi
|
Efektivitas Kerja Guru
Sumber: Siagian (1988 : 17)
|
1.Pelaksanaan
Kegiatan
|
1. Sesuai rencana
2.Sesuai jadwal
3.Sesuai dengan
anggaran yang tersedia
|
2.Tujuan / Hasil Akhir
|
4.Kualitas kelengkapan data
5.Kualitas
penyajian
6.
Kualitas data yang handal
7.
Dijamin kerahasiaan
8.
Dilakukan evaluasi
|
mas posting tentang indikator dan dimensi minat belajar dwong,,
BalasHapustrimakasih. tolongin ya mas,,,,
klo boleh email k saya
nanaiyanto@rocketmail.com
Sory ni bro. Ane mau tanya, itu dimensi dan indikator dari tati dan dedy achmad ente dapat dr mana? dr buku kah? atau dapat dr jurnal?
BalasHapusAne tertarik dengan dimensi dan indikator itu, untuk referensi di sripsi.
tolong bantuannya.
Terima kasih.
slm kenal.mas tolong email dong dimensi dan indikator kepemimpinan, budaya organisasi, kepuasan kerja dan kinerja karyawan di perguruan tinggi swasta.
BalasHapusemail sy : daenk_yadi@ymail.com
thanks before.
keren,,,,, sangat membantu,,, terima kasih,,,,,
BalasHapusbisa bantu ga??
BalasHapuslg butuh indikator sama dimensi promosi jabatan n kompensasi.. makasih :)
makasih yee..
BalasHapussukses slalu buat kamu
bro,jelasin juga dong ttg indikator pengalaman kerja,lingkungan kerja,dan loyalitas karyawan via email davi.flea@gmail.com.thx brooo
BalasHapusPermisi maaf sebelumnya, saya menggunakan indikator kinerja yang diatas untuk skripsi saya, kalau boleh tau itu diperoleh dari mana ya? Jika dari jurnal tolong kirim ke bayusupriyadi12@gmail.com untuk sebagai bukti saat saya sidang. Terimakasih..
BalasHapuspermisi maaf, kalau indikator dari produktivitas kerja pegawai apa?
BalasHapusPermisi, kalau indikator dr kepercayaan apa ya. Soalnya skripsinya dpt judul. Gaya kepemimpinan dan kepercayaan terhadap motivasi kerja. Mohon balasannya ya.
BalasHapusBalas via email aja. Rianoprisahardi@gmail.com
BalasHapusTrims
Balas via email aja. Rianoprisahardi@gmail.com
BalasHapusTrims
cakep
BalasHapusPermisi mohon bantuannya lagi cari dimensi sama indikator kompetensi. Pengembangan karier, sama kinerja share dong k email widipurwanto.wp@gmail.com
BalasHapusMakasih
Terima kasih mas...sangat bermanfaat...bisakah dibuatkan beberapa contoh hubungan antar variabel yg terdiri dari variabel X,Y dan Z yang cocok untuk instansi pemerintah...terima kasih semoga selalu diberikan kesehatan dan keberkahan...amin..mohon email tristan.soekmono@gmail.com
BalasHapusthanks ya...
BalasHapusMAKSAIH MAS ....
BalasHapusSumber: Herzberg dalam Miftah (2003: 230 - 232). kata "Dalam" disitu maksudnya apa ya gan? mohon penjelasannya makasih :)
BalasHapusTerimakasih kaka,ini membantu saya dalam mebuat karya ilmia.boleh di share gak ka ke email saya ipungpurnamasari13@gmail.com.
BalasHapusdan saya juga mohon info sumbernya dari mana un tuh bukti nanti disaat sidang. Terimakasih banyak kakak
bang minta diemailin donk ke saya rahmawatinur12@yahoo.co.id yg indikator motivasi Alderter dlm miftah 2006:129.
BalasHapusdan minta sumbernya juga dari mna, buat bukti saat sidang. terimakasih
terima kasih saudara sebangsa dan setanah airku..postingan ini sangat membantu saudara-saudara sebangsa dan setanah air yang sedang meneyelesaikan tugas akhir kuliahnya. bang kirimin indikator kedisiplinan dan penghargaan (reward) siswa terbaik ke email saya yah.. aswandi@madania.sch.id
BalasHapusMaaf ya, itu dimensi kepemimpinan kpla skolah yg oleh wahyudi(no.1) ditulis ada dua. Tapi stlh saya lht bukunya kok tdk cocok, di buku "kepemimpinan kepala sekolah dalam organisasi pembelajar" mhon d jelaskn dan di hlmn 120 tdk ada
BalasHapusKalau memang benar bisa kirimkn saya foto lembaran hal 120 itu, mas adi. Mngkin buku saya beda. " kepemimpinan kepala sekolah dlm.organisasi pembelajar"
BalasHapusKalau memang benar bisa kirimkn saya foto lembaran hal 120 itu, mas adi. Mngkin buku saya beda. " kepemimpinan kepala sekolah dlm.organisasi pembelajar"
BalasHapusada yang mau membantu megirimkan foto hal 120 buku wahyudi, karena saya beli buku wahyudi tidak menemukan dimensi kepemimpinan kepala sekolah. kalau ada yg berbaik hati bisa kirim ke email: santiagustinasman2tp@gmail.com
BalasHapusThanks banyak membantu
BalasHapusMohon bantuannya kakak kakak. Apa ada yang tahu dimensi dan indikator tingkat pendapatan / pendapatan? Dan nama judul dan nama pengarang buku tersebut�� Bagi yang tahu mohon bantuannya ya kak bisa di kirim ke email saya pragasseptiana9@gmail.com. terimakasih
BalasHapusMohon bantuannya kakak kakak. Apa ada yang tahu dimensi dan indikator tingkat pendapatan / pendapatan? Dan nama judul dan nama pengarang buku tersebut�� Bagi yang tahu mohon bantuannya ya kak bisa di kirim ke email saya pragasseptiana9@gmail.com. terimakasih
BalasHapusMohon bantuannya kakak kakak. Apa ada yang tahu dimensi dan indikator tingkat pendapatan / pendapatan? Dan nama judul dan nama pengarang buku tersebut�� Bagi yang tahu mohon bantuannya ya kak bisa di kirim ke email saya pragasseptiana9@gmail.com. terimakasih
BalasHapusKomentar ini telah dihapus oleh pengarang.
BalasHapusKomentar ini telah dihapus oleh pengarang.
BalasHapushttp://raboninco.com/SkeC
BalasHapusen son çıkan perde modelleri
BalasHapusSms Onay
Türk Telekom Mobil Ödeme Bozdurma
nft nasıl alınır
ankara evden eve nakliyat
trafik sigortası
Dedektör
WEBSİTE.KURMA
aşk kitapları
Smm panel
BalasHapussmm panel
Https://isilanlariblog.com/
İNSTAGRAM TAKİPÇİ SATIN AL
hirdavatciburada.com
WWW.BEYAZESYATEKNİKSERVİSİ.COM.TR
SERVİS
tiktok jeton hilesi
nft nasıl alınır
BalasHapusen son çıkan perde modelleri
uc satın al
en son çıkan perde modelleri
özel ambulans
yurtdışı kargo
lisans satın al
minecraft premium